Musim Dingin di Korea [Eps Explore Busan]

30 Desember 2013 – Hari kedua di Busan, kami habiskan jalan-jalan santai keliling kota dan icip-icip jajanan pinggir jalannya yang terkenal enak itu.

Kalau ingin mengeksplor Busan city habis-habisan, baiknya beli tiket Metro Line yang Tourist Day Pas dengan harga KRW 4,500, bisa dipake seharian naik train kemana aja. Hemat jauh lebih banyak dibandingkan harus beli tiket yang harganya sekitar KRW 1,300 sekali jalan.

Metro Subway Busan

Metro Subway Busan

Jagalchi Market, the famous fish market in the world and the biggest fish market in Busan. Penyuka makanan laut? Wajib datang ke area ini dan tantang diri kamu untuk bisa makan berbagai jenis hewan laut yang ditawarkan. Mau dimasak apapun, tinggal order ke penjualnya. Mau makan mentah pun boleh.

Di sekitaran Jagalchi Market, wajib juga icip street foodnya yang menurut saya enak! Agak mahal sih memang, tapi sepadan kok.

Street Food di Jagalchi Market

Street Food di Jagalchi Market

Perjalanan malam kami berlanjut ke Busan Christmas Tree Festival. Lumayan masih kebagian sisa-sisa natal ala Korea dengan menatap indah pohon-pohon natal lengkap dengan kerlap kerlip lampunya.

Busan Christmas Tree Festival

Busan Christmas Tree Festival

Sebelum kedinginan dan kembali ke Motel, kami pun sempat mampir ke 40-step Culture & Tourism Theme Street di area Jungang-dong, sebuah jalan sepanjang 450m yang sarat dengat sejarah Korea. 40 anak tangga dibuat sebagai wujud suka dan duka para pengungsi dan orang-orang terlantar dari Perang Korea.

31 Desember 2013 – Hari ketiga di Busan, kami menuju Gamcheon Cultural Village.

Panorama View of Gamcheon Cultural Village

Panorama View of Gamcheon Cultural Village

To be honest, Gamcheon Cultural Villagw is a must visit in Busan. Arsitektur kota ini yang unik dan menarik sangat pas untuk diabadikan dan dijadikan oleh-oleh. Katanya sih Gamcheon ini “The Santorini of the East”. Boleh juga disebut Yunani-nya Asia. Recommended to visit dan siapkan waktu yang agak lama untuk bisa jalan-jalan keliling desa ini karena setiap pojokan menarik untuk dilihat lebih dekat kemudian dicapture.

Gamcheon - The Santorini of the East

Gamcheon – The Santorini of the East

So many things to be captured

So many things to be captured

Cukup puas berburu foto di Gamcheon, kami bergegas kembali ke motel karena kami harus menuju Seoul sore ini dengan KTX [Korea Train eXpress] demi mengejar malam tahun baru di Seoul.

KTX Lotte Cinema

KTX Lotte Cinema

Dengan harga tiket KTX yang KRW 57,000, kami dapat menikmati fasilitas KTX Lotte Cinema. Iya, perjalanan 2 jam dari Busan menuju Seoul ditemani dengan hiburan film Korea [yang sayangnya no subtitle] layaknya mini bioskop berjalan. Seru! Dan juga dilengkap dengan wifi. Sudah pasti! Ah, kalau saja perjalanan Jakarta – Jogja pake pemutaran film segala, habis 4 film mungkin yah.

[Find more pictures taken from Korea trip here]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *