Musim Dingin di Korea [Eps Palace in Seoul]

Film yang sedang tayang di KTX Lotte Cinema usai. Itu tandanya sebentar lagi kereta cepat ini akan segera tiba di Seoul. Dan benar. Kami disambut dengan hiruk pikuk penduduk Seoul di malam tahun baru. Semua terlihat serba tergesa-gesa. Metro line penuh. Ah, mungkin mereka semua mengejar momen pergantian tahun bersama orang-orang terkasih. Sedangkan kami masih terbingung-bingung membaca peta Metro line Seoul. Sayangnya tidak ada Tourist Daily Pass di Seoul.

Welcome to Seoul

Welcome to Seoul

Kami menuju City Hostel yang ada di Gongdeok-dong. Sempat salah arah tapi kami bersyukur karena orang-orang Korea surprisingly baik hati. Bukan hanya sebatas menjawab pertanyaan kami. Meski dengan keterbatasan bahasa, mereka sudi mengantar kami sampai tujuan bahkan menelpon si hostel untuk penjelasan lebih lanjut. Maklum, City Hostel ini letaknya agak tersembunyi.

Mengharapkan kehebohan ala kota Seoul saat malam pergantian tahun di Han River, nyatanya tak kami dapatkan. Menghabiskan malam di sebuah restoran mewah dengan pemandangan Han River, momen tahun baru di Seoul sunyi senyap. Kami hanya bisa menatap atraksi kembang api dari kejauhan. Entah dimana sumbernya itu. Mungkin kami salah pilih lokasi. Atau mungkin tahun baru di Korea memang tidak seheboh itu.

Menuju Restaurant di area Han River

Menuju Restaurant di area Han River

Selamat tahun baru dari dunia bagian Seoul.

1 Januari 2014 – Sebelum memulai petualangan di hari pertama tahun 2014 ini, ada baiknya memulai hari dengan mengkonsumsi Tokku, makanan khas tahun baru yang konon kalau kita makan tokku di tahun baru, umur kita akan bertambah 1 tahun. *tambo cie bang! Informasi ini kami dapat dari seorang stranger [Korean] di pesawat menuju Busan.  Jujur sih, sup ini cenderung hambar.

Tokku, makanan khas tahun baru

Tokku, makanan khas tahun baru

Puas akhirnya menemukan Tokku, kami berlanjut menuju Gyeongbokgung Palace, istana terbesaar diantara 5 istana besar lainnya.

Salah satu sudut Gyeongbok Palace

Salah satu sudut Gyeongbok Palace

Dan disinilah kami untuk pertama kalinya melihat salju!

Salju di Gyeongbok Palace

Salju di Gyeongbok Palace

Harus saya akui, setiap sudut yang tertangkap oleh mata telanjang ini sungguh indah. Mungkin musim dingin ini menambah efek dramatis foto-foto yang saya ambil.

Sudut lain Gyeongbok Palace

Sudut lain Gyeongbok Palace

Bahkan keadaan pohon-pohon yang sedang meranggas menyita perhatian saya lebih banyak. Entah kenapa saya suka sekali memotret mereka. Mereka tampak indah apa adanya. Dan keindahan yang tidak bisa saya lupakan itu sudah saya abadikan disini.

Indahnya meranggas

Indahnya meranggas

Saat di Gyeongbok Palace, jangan lupa juga mampir ke The National Folk Museum of Korea” dan “a street to the past”, dimana kita seakan-akan diajak menjelajah waktu ke suasana Korea tempo dulu.

a street to the past

a street to the past

2 Januari 2014 – Petualangan kami mengunjungi istana-istana berlanjut ke Changdeokgung Palace. Meski Gyeongbok Palace adalah istana yang utama, tapi konon istana Changdeokgung inilah yang justru lebih disukai dan ditinggali lebih lama. Mungkin karena konsep istana yang dibuat harmonis menyatu dengan alam.

Dan disini juga terletak The Secret Garden atau boleh juga disebut Forbidden Garden. Akses wisatawan untuk memasuki Secret Garden ini hanya di jam-jam tertentu setiap harinya. Itupun sudah dilengkapi dengan guide yang akan mengantar sekaligus brecerita tentang sejarahnya.

The Secret Garden

The Secret Garden

Let me take you the the beautiful Secret Garden!

The Secret Garden, so peaceful

The Secret Garden, so peaceful

The Secret Garden was accessible only for Royal family to relax, bikin puisi, baca buku, meneliti, etc.

The Secret Garden

The Secret Garden

Masih di Secret Garden, entering this gate means “Never get old” *oke ngantri.

"Never Get Old"

“Never Get Old”

Sudut lain di palace ini seakan membawa kita ke lokasi syuting di film-film kolosal Korea.

Sudut lain di Changdeokgung Palace

Sudut lain di Changdeokgung Palace

[Find more pictures taken from Korea Trip here]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *