Saksi Jampi Gugat

Sabtu sore, saya bergegas menuju Terminal Giwangan dengan taksi motor untuk bertolak ke Wonosari. Agendanya adalah untuk join trip BlakraxTrip ke Goa Si Oyot di Minggu paginya. Tapi ada daya, kami tertinggal bus terakhir menuju Wonosari. *padahal masih jam 5 sore.

Alhasil kami putuskan untuk kembali ke pusat kota dan mencari keriaan disana. Dan memang akan ada keriaan di Sabtu malam tepatnya di area Tugu Jogja.

Jampi Gugat, sebuah tarian karya penari muda Kinanti Sekar Rahina yang melibatkan 100 penari muda usia sekolah dasar hingga perguruan tinggi, digelar pada Sabtu malam pukul 7.45 WIB di depan monument Tugu. Pagelaran ini merupakan bagian dari Jogja International Street Performance 2013.

Melalui seratus penari berpenampilan mbok jamu, lengkap dengan kebaya dan jaritnya ini, sang koreografer ingin mengungkapkan kekecewaannya terhadap nasib jamu yang belakangan mulai terlupakan dan tergeser oleh hadirnya minuman modern nan instant.

Ini hasil foto alakadarnya dari kamera smartphone saya dengan sedikit sentuhan edit. Ndak nyangka sih, bermodal hashtag #JampiGugat dan dengan follower yang nggak sampai 50, tweet saya banyak sekali diretweet 😀 Saya sungguh terharu. Dan memang saya beruntung bisa dapat spot terbaik untuk mengambil foto, mengalahkan para media itu. Hihihi…

Ini dia #JampiGugat --> 100 penari menari dalam waktu 5 menit di tugu #Jogja. Thats it, 5 mins only!

Ini dia #JampiGugat –> 100 penari menari dalam waktu 5 menit di tugu #Jogja. Thats it, 5 mins only!

Pagelaran yang hanya berlangsung selama 5 menit itu membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mengatur para penonton yang terlalu antusias untuk menyaksikan #JampiGugat dan membutuhkan waktu lebih dari sejam untuk kembali menetralkan kemacetan di area Tugu yang ditimbulkan.

Percaya, bentuk protes seperti ini selalu bisa membawa perubahan.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=b9OErWlZWuQ]

– Tugu Jogja, 21 September 2013 – 

Post Tagged with , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *