Wanita Indonesia Tanpa Judul

Apa yang membuatmu bangga terlahir sebagai wanita Indonesia? Pertanyaan yang mudah dijawab bagi mereka yang sudah menemukan jati dirinya sebagai wanita Indonesia. Bagi saya, tidak ada alasan untuk tidak berbangga hati dan berbahagia terlahir sebagai wanita di tanah air yang cantik ini, di era yang sudah merdeka.

Bangga karena sesungguhnya tidak mudah menjadi seorang wanita di negeri yang sedang berkembang namun masih kental dengan budaya ketimuran dan juga faktor agama yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana kami ingin sekali berkembang dan menyamakan level kami dengan para pria dan wanita di luaran sana, tapi masih saja terbentur adat, budaya dan larangan-larangan agama yang kami anut.

Tanpa maksud beropini bahwa adat, budaya, dan ajaran agama tadi menghalangi gerak kami, namun justru sebaliknya. Saya melihat hal-hal tersebut semacam pengingat agar kami tidak keluar batas. Bagaimana berpikiran seterbuka mungkin namun tetap dalam batasan-batasan tertentu. Saya jamin, kami wanita Indonesia terbiasa dengan hal ini dan semakin lihai memainkan peran kami.

Mengejar sukses di bidang pekerjaannya masing-masing, berkontribusi bagi dunia sosial di luar kehidupan personalnya, bertekad tetap menjalankan hobi di tengah kesibukannya dan di saat yang bersamaan, juga sukses di kehidupan pribadi sebagai seorang ibu, istri, maupun kakak/adik perempuan. Tidak mudah sama sekali. Dan tidak ada yang bilang mudah.

Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, sosok-sosok wanita hebat Indonesia dengan mudahnya terungkap dan menginspirasi. Saya salah satu yang dengan sukses terinspirasi. Serius berkarir bukan hanya untuk menyambung hidup hingga sang jodoh tiba dan menanggung segalanya, namun untuk memaknai hidup diri sendiri dan keluarga. Tidak pernah berhenti berkarya apapun bentuknya. Tahu apa yang membuat kita bahagia dan tanpa ragu mengejarnya. Juga menyeimbangkan hidup dengan sesuatu yang positif yang bukan tentang diri sendiri.

Meski demikian, jauh sebelum ini, sebelum informasi seterbuka ini, tanpa disadari, mereka yang bukan sosok terkenal yang ada di kehidupan kita seringkali memberi peran penting. Mereka menginspirasi dengan cara yang berbeda. Dengan cara yang lebih sederhana. Dalam kasus saya, sosok itu adalah ibu.

Cerita sukses wanita Indonesia yang banyak kita dengar bukanlah cerita yang mewakili wanita Indonesia seluruhnya. Masih banyak kaum kami yang pasti memiliki jawaban yang berbeda saat ditanya “Apakah kamu bangga menjadi wanita Indonesia?” Tapi setidaknya, saya percaya bahwa kehidupan kami jauh lebih baik dari generasi sebelum kami dan akan terus membaik di masa yang akan datang.

Satu kata kunci yang menggambarkan wanita Indonesia saat ini, BERANI. Kami berani bermimpi. Kami berani berkarir. Kami berani mandiri. Kami berani berkarya. Kami berani bersenang-senang. Dan [seringkali] kami berani berbuat salah.

Tapi saya tidak berani memberi judul atas hebatnya wanita Indonesia.

[artikel ini ditulis menjawab permintaan dari Sofacozy untuk “21 Perempuan Bicara Tentang Arti Perempuan Indonesia” dalam rangka memperingati Hari Kartini]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *